Wednesday, February 1, 2012

Process : An Amazing Journey

Yay...!!Akirnya gaji pertama sampai jg stelah menunggu berhari-hari.... :D
Actually, this isn't my first salary, tapi ini gaji pertama yang bener-bener aku dapet dari kerjaan yang bener..loh? apa maksudnya??hohooh...

Flashback dulu yuk ah..
5 taun yang lalu, pas msh jd mahasiswi S1 tingkat akhir, lg masa-masa jd "galauers" kl anak skarang bilang..lagi sibuk-sibuk dan pusing-pusingnya sama skripsi, ditambah masalah percintaan (pada waktu itu..halah...), di bulan dimana Ibuku dan orang spesial (pada waktu itu lhooo...) berulang tahun..( bulan penuh pengeluaran karna dalam sbulan ada skitar 5 org yg ultah.. ), dan aku pengen ngasih something special buat mereka, maka smakin pusinglah diriku mau mencari uang dimana. Sampe temenku ada yang bilang "blom pernah ngliet Viska ga punya uang mpe segininya..hahaha..."
Kebetulan banget 2 sahabatku Ika and Lia yang udah lebih dulu part time di butik nawarin kerjaan skitar 2 minggu part time buat gantiin pegawai sana yang lagi cuti. Asiikk....2 minggu ga masalah, yang ada di otak cuma pengen dapet uang buat beli kado orang-orang spesial aja. 

Dari awal aku udah tau kerjaan yang bakal aku jalani itu kaya gimana, karna sering liet Lia sm Ika kerja. Ditambah dengan sang juragan cik Memey yang punya anak gadis (lupa deh namanya), yang slalu jadi bahan rumpian anak-anak. :p
Yang bikin aku tambah pusing adalaah gimana tar kalo dapet shift malem, sedangkan rumahku jauh, dan harus pulang jam 10 atau setengah 11 malem. Mau bilang apa sama orang tuaku?? Akirnya aku cerita deh sm Ayah, and Alhamdulillah beliau mau diajak kerjasama kalo Ibu nanya2..hahaha..Dan untung juga slalu ada petugas antar jemput yang selalu baik hati kalo aku dapet shift malem. Bersyukur deh punya temen-temen cowok banyak and care (meski ada yang harus disogok sama seporsi makan malam,hahhaha).

Mulai hari pertama masuk kerja dapet shift pagi, butik buka jam 9, jadi jam 8 udah harus standby, memulai ritual kerja dengan nunggu org kepercayaan cik Memey buka kunci butik, trus bersihin rak-rak display, kalo ada barang baru pakein baju manekin, nyapu, ngepel, ngelap pintu kaca, yah...lebih tepatnya dalam 1 jam itu pemanasan ala upik abu gitu dah..wkwkkwkw....
Jam 9, begitu tulisan "OPEN" udah terpasang, adaa aja pengunjung yang dateng jam segitu, tapi bisa dimaklumi, karna daerah kampus, dan deretan butik berjejer rapi sama warung burjo dan counter pulsa. :p
Tar agak siangan dikit, 2 anak gadis Cik Memey yang masih SMP dan SMA (tadinya kukira malah udah kuliah... upss...), 2 ABG itu biasanya trus nongkrongin butik dengan tingkah "bossy" nya. Pernah tu bete sama salah satu anaknya gara-gara aku pernah dianterin Rio, sahabatku, waktu itu pake mobilku sendiri, trus dia ngedrop aku di butik. Trus beberapa hari kmudian, aku dcritain temenku sesama pegawai dsana, katanya anaknya Cik Memey ngliet aku dianterin naik mobil trus bilang " gaya banget sih mbak itu naik mobil, paling mobilnya pacarnya, ato nebeng temennya.." Whatt...??? Hadooh...bete bgt dikomenin sama anak kecil, gatau apa-apa, nge-judge orang seenaknya. Dia pikir karna kami "pelayan" jd di mindset nya dia pelayan is just pelayan, "kere"...Hahhaha... 
Hey Li'l Girl, you are totally wrong if  you  think we are kind of person like that.... FYI (For Your Information)..dari 4 pelayan di butik itu, semuanya Alhamdulillah punya mobil, semuanya mahasiswa menuju sarjana, kalo kerja di tas isinya laptop, tapi ga harus kan semua itu diomong-omongin kalo misalnya harus ada interview jadi pelayan butik.
 My point is,  jangan meremehkan orang lain walopun secara kedudukan dia ada dibawahmu, belum tentu apa yang terlihat "rendah" itu memang "rendah" ... :)
Okay,,back to my story about my job...
Kalo dapet shift malem lebih seru lagi ceritanya, mulai sore udah banyak aja wanita-wanita yang shoping ke butik. Shift malem emang paling melelahkan, karna customer banyak, kesempatan istirahat juga sedikit. Style baju yang dicari juga beragam, tapi kalo malem isinya kbanyakan mbak-mbak clubbers yang lagi cari kostum buat gaool. Hehehe....

Akhirnya ga kerasa udah 2 minggu kerja disana, mbak yang cuti juga udah mulai masuk, dan dia malah nyuruh aku tetep disitu, tapi aku rasa uang yang aku butuhin udah cukup buat beli kado, dan pengalaman kerja yang melelahkan namun berkesan. Masih keinget bgt hari trakir kerja, sore itu Cik Memey ngasih aku uang 165 ribu, jumlahnya kecil tapi itu cukup buat aku. Melangkahkan kaki keluar dari butik, on the way pulang ke rumah dengan rasa syukur ga terkira, ada rasa lega, ada rasa seneng, campur aduk. Dan saat itu juga aku sadari, bahwa berapapun uang yang kita dapatkan dari hasil kerja keras dan keringat sendiri, walopun jumlahnya kecil akan berasa seperti mendapatkan harta yang tak ternilai.
It's called...Experience.

Malam harinya langsung aku cari kado untuk si-ex itu, juga buat Ibuku. 
Kado yang buat Ibu langsung aku kasihin, dan beliau bertanya aku dapet uang darimana, akirnya aku cerita di depan ayah ibuku. Menangis. Itu reaksi dari Ibuku. Aku sendiri hampir gatau gimana meng-ekspresikan diriku sendiri saat itu saking speechless nya, malah sampe sekarang pun aku selalu menangis kalo inget momen itu. Ibu menangis karna terharu, beliau memang curiga karna aku lumayan sering pulang malam, tapi begitu tau apa yang aku kerjain, Ibuku tambah ga nyangka lagi. Yah. Bener-bener suprise buat beliau. Dan, saat paginya kerja memakai tas baru, lalu dengan bangga beliau bilang "Ini tas dari anak saya, dan dia beli dari hasil kerja jadi pelayan butik sampe tengah malem.." dan jadilah teman-teman Ibu beramai-ramai ikut terharu. Buat mereka mungkin unbelievable...aku anak satu-satunya, aku bisa aja minta uang sama orang tuaku kalo aku mau untuk beli kado, tapi aku memilih untuk kerja jadi pelayan butik, sampe malem dengan resiko di jalan yang tidak bisa diprediksi, thats amazing for them.
Yeah....aku sendiri juga merasa begitu.
Ini jadi lebih berarti lagi buat aku, tadinya aku kerja cuma mau cari uang, diniati uangnya mau buat beli kado, bahagian Ibu, ternyata responnya bisa lebih berharga dari sekedar kado itu sendiri. Aku percaya segala  amalan dinilai dari niatnya.  Dan aku udah membuktikan itu sendiri. :)

Oiya, kado untuk si ex itu  akirnya aku kasihin jg with not too much expectation...Mo diterima syukur, engga ya bisa dia kasihin ke sapa aja asal jangan dibuang ke tong sampah. :p
Aku sendiri ga mikirin hal itu, malah baru tau kalo kado berisi jaket itu dipake sama adeknya yang notabene udah kaya adekku sendiri juga, dalam hati, I say thanks for it.. Thanks karena udah menghargai hasil kerja keras aku jadi pelayan butik, (meski dia ga tau n ga penting untuk diketahui jg), bukan soal dianya yang aku ingat, tapi kado-kado yang aku beli saat itu selalu mengingatkan aku untuk pantang menyerah dalam mencapai tujuan.  
Niat tulus, kerja keras, kesabaran, keikhlasan dalam menjalani pekerjaan, dan yang terpenting adalah rasa syukur ketika apa yang telah kita kerjakan mendapat hasil yang sesuai dan di luar dugaan bukan cuma bisa bikin Ibuku bahagia, bahkan bisa bahagian orang lebih banyak lagi jadi reward yang tak ternilai sampai kapanpun.

Well, knapa akirnya aku cerita, karna secara kebetulan baca postingan dari milis suamiku tentang positive mindset, disana tertulis bahwa PROSES, betapapun melelahkan akan selalu merupakan an amazing journeyIt's Very Inspiring. Smoga ceritaku juga bisa menginspirasi orang lain dan diriku sendiri tentunya terutama saat berada di dunia kerja yang very complicated.  Fighting!! :)


"If you can DREAM it, you can ACHIEVE it"
 





No comments:

Post a Comment